Tentang Medsos

Bismillah

Di bulan Oktober ini saya ingin berbagi satu tema penting yang baru-baru ini saya alami, yaitu tentang Zuhud.

Zuhud bukan berarti meninggalkan keduniawian tapi meninggalkan apa-apa (yang bersifat duniawi) yang tidak membawa manfaat apapun bagi kehidupan hakiki kelak nanti di Akhirat.

Saya lupa persisnya kapan saya mulai meninggalkan sifat kekinian manusia jaman sekarang, yaitu eksis di medsos. Hmmm mungkin sekitar 3-4 tahunan y..

Awalnya saya merasa jenuuuuh dengan segala hiruk pikuk medsos. Jenuh dan lelah karena sedikit-sedikit posting, edit, dan merasa seperti apa-apa harus dishare. Untuk apa sih? Manfaatnya apa?

Yah memang sesekali ada postingan yang sedikiit bermanfaat, seperti sharing resep atau pikiran2 berfaedah.. tapi sisanya? Hanya pamer! Iya pamer, pamer lg makan apa, pamer lagi dimana, pamer lagi ngapain, pamer anak udah bisa apa, dan segambreng pamer-pamer lainnya… hhhhhh…

Memang hidup ini pameran?

Saya sampai di satu titik dimana saya bertanya pada diri saya..

Ini semua buat apaan sih?

Buat ‘jejak’ ceunah.. supaya ada track record, sejarah hidup kita… ??

Oiya?

Lalu buat apa semua jejak bersejarah itu? Bukankah Allah Maha Melihat Maha Mendengar?

Bukankah setiap detik malaikat Roqib & Atit mencatat detik perilaku kita?

Pertanyaannya diganti, ..

Untuk siapa saya melakukan pameran itu?

Supaya orang lain bisa melihat, bisa belajar, dan syukur2 bisa mengambil manfaat.

Benarkah?

Bukannya malah nanti menimbulkan ‘ain?

Berapa banyak orang yang hidupnya tidak seberuntung saya? Tidak seindah saya?

Lantas apa memang seperti itu kehidupan saya ? Bukannya yg diposting hanya yg bagus2 saja?

Hayoooo ngaku…

Kalau kita mau jujur sedikiiitt saja

Medsos itu memang sejatinya ajang PAMERAN

Pameran kesuksesan, kecantikan, ketampanan, kebisaan, kedepresian dan ke ke ke lainnya yang INGIN KAU TUNJUKKAN KE KHALAYAK UMUM

What for? Eksistensi… seakan2 tanpa berbagi dirimu gak eksis di dunia ini. Iyah hilang. Hilang.. seperti yang saya lakukan beberapa tahun belakangan ini.

SAYA HILANG.. lebih tepatnya menghilangkan diri dari medsos.

Lantas, apa saya Hilang beneran?

Tentu saja tidak laaahh.. saya masih bernafas, masih menjalani peran2 saya dengan baik, masih bersosialisasi, masi wara-wiri, jalan2, menikmati hidup, dan masih masih masih lainnya.

Hanyaa… saya gak (mau) berbagi dengan kamu.. iya kamu… hihihhi

And my life goes on ……

But lately… saya kembali tergoda.. karena merasa hidup saya terlalu damai, kurang adrenaline rush gituh hehe

Didukung dengan smartphone anyar paling ciamik ditangan.. tuh kan pamer wkwkw

Mulailah saya, kembali menginstal aplikasi2 medsos ngono.. and then selama beberapa hari saya hanya ngepost satu postingan.. iyah SATU.

Kalau dulu, saya bisa ngpost 2-4 postingan sehari, tapi kali ini tidak.

Saya malah banyak tertegun dengan feeds medsos saya.

Medsos saya yg (dulu) aktif ada 3: facebook, twitter, instagram, dan ketiganya terhubung. *Tuh dulu ajah saya udah males ngpost2, maunya skali posting langsung tiga2nya jalan hehe.

Back to the story, iya, saya terpaku dengan feeds saya. Bener gak sih istilahnya feeds? Itu lhoh yg isinya update2an kawan2 saya. Feeds kan namanya? Anggep aja bener lah ya itu feeds hihihi.

Saya bukan terpaku karena terpukau atau gimana ya? Saya ngeliatnya lebih ke ngenes gitu, dan bosan.. iya bosan!

Saya cuma scroll down and down.. refresh and scroll down tilk my eyes tired.. lalu merasa hampa..

Cerita makanan, plesiran, ootd, kegiatanku, jualan, nyinyiran, sesekali liwat agak mending share kesehatan.. tp pada intinya mah tetep PAMER-an… hehe

Hhhhhhh….. kenapa mereka tetap sama saja?

Malam itu saya pusing, kebanyakan liat feed.. dan gak ada yang menarik bagi saya.

Bagi saya yah biasa aja.

Sejak saya berlepas diri dari medsos, sepertinya sifat Kepo saya juga berkurang drastis.

Banyak hal yang memang saya abaikan jika memang gak penting buat saya. Karena buat apa? Apa manfaatnya buat saya mengetahui apa yang kamu makan hari ini?

Tujuan saya agar merasakan sedikit adrenaline rush pun tidak tercapai.

Dan disitulah letak kesalahan saya.

Saya sudah mendapatkan kehidupan yg damai dan tenang.. yg salim

Buat apa juga saya nyari2 adrenaline rush? Di medsos pulak? Klo cuma gitu aja mah, bunggee jumping aja sekalian noh.. dapet deh adrenaline rush.. hahahaha Ucul emang ogeb deh!

Lalu saya pun menertawai sekaligus mengasihani diri saya sendiri.

Saya pun mencoba bargaining dgn diri saya (lagi) dengan mengatakan saya kembali bermedsos untuk menebar kebaikan.. eecieee.. menshare hal2 yg bermanfaat… berdakwah… eeheemmm..

Dan ternyata kapasistas saya belum sampai kesitu.. saya sih merasanya begitu.. krn yg ada dr kemarin saya malah lebih banyak mantengin feeds dan lupa dgn tujuan mulia saiyah.. eeaa… eeaaa…

Penulis: hildafattah

aku adalah pemimpi, pecinta kehidupan dan pengelana jiwa

Tinggalkan komentar